Seputar Peradilan

Kamis 18 Januari 2018, Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Sumatera Selatan jalin silaturahmi dengan Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir yang dirangkaikan dengan serah terima Sertifikat Akreditasi yang dilaksanakan di Pendopoan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Dr. H. M. Syarif Mappiasse, S.H., M.H. (Ketua PTA Sumsel), Iskandar, S.E. (Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir), Walikota Palembang dengan diwakili oleh Staf Ahli, Drs. Ikhsan, S.H., M.A, (Ketua Pengadilan Agama Kayuagung), Para Ketua Sewilayah PTA Sumsel, para Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKORPIMDA) tingkat Kabupaten, Hakim-Hakim, Panitera, Sekertaris Sewilayah PTA Sumsel, pejabat Struktural dan Fungsional serta staf pada Pengadilan Agama Kayuagung.

Kegiatan ini diawali dengan mendengarkan lantunan ayat-ayat suci al-Qur’an yang dibawakan oleh Qori’ dari Kementerian Agama Kabupaten Ogan Komering Ilir. Kegiatan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Bapak Drs. Husin Fikry Imron, S.H., M.H (Ketua Penyelenggara Serah Terima Sertifikat Akreditasi) menyampaikan bahwa untuk wilayah PTA Sumsel terdapat 2 Pengadilan Agama yang telah memperoleh predikat A “Excellent” yaitu PA Palembang Kelas 1A dan PA Kayuagung Kelas 1B. Yang mana sertifikat telah diserahkan langsung oleh Dirjen Badilag pada bulan November 2017 di Makassar. Dengan Akreditasi sebagai wujud tekad untuk meningkatkan pelayanan kepada para pencari keadilan. Ujarnya.

Ungkapan rasa terima kasih sebesar-besarnya atas kesediaan Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir untuk menyelenggarakan jalin silaturahmi antara PTA Sumsel dengan Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir yang dirangkaikan serah terima Sertifikat Akreditasi kepada PA Palembang dan PA Kayuagung. Ungkapnya.

Drs. Ikhsan, S.H., M.A (Ketua PA Kayuagung) menambahkan bahwa raihan PA Kayuagung predikat A “Excellent” tidak lepas dari perjuangan keras Hakim-hakim, Panitera, Sekertaris, segenap Pejabat fungsional dan struktural, staf-staf hingga tenaga honorer. Keberhasilan ini tidak lepas dari 3 kunci pokok yang dipegang teguh oleh segenap warga PA Kayuagung, pertama menjaga hubungan kepada Allah, SWT. kedua  menjaga hubungan harmonis dengan sesama warga PA Kayuagung, ketiga menjalin komunikasi kepada semua pihak yang terkait. Ungkapnya.

A excelent

Besar harapan capaian predikat A “Excellent” merupakan cerminan pelayanan PA Palembang dan PA Kayuagung kepada para pencari keadilan dan ini akan terus ditingkatkan demi terwujudnya Visi Mahkamah Agung “Mewujudkan Badan Peradilan yang Agung”.

Pada puncak acara penyerahan Sertifikat Akreditasi kepada PA Palembang dan PA Kayuagung oleh Dr. H. M. Syarif Mappiasse, S.H., M.H (KPTA Sumsel) dan penyerahan Plakat oleh Ketua PTA Sumsel kepada Iskandar, S.E. (Bupati Kab. OKI).

Pada kesempatan lain Iskandar, S.E. (Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir) menyampaikan bahwa saat ini wilayah kabupaten terluas untuk wilayah Sumatera adalah Kabupaten Ogan Komering Ilir, dengan wilayah yang sangat luas maka akses masyarakat untuk memperoleh rasa keadilan juga terasa berat, salah satu kendala yang dihadapi oleh masyarakat adalah saat hendak melangsungkan pernikahan dan pencatatannya, sehingga di sana sini banyak masyarakat yang tidak memperoleh buku nikah, solusi yang telah ditempuh selama ini dan berjalan dengan efektif yaitu menjalin kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan PA Kayuagung menyelenggarakan program Itsbat Nikah Terpadu sejak tahun 2015 sampai tahun 2017. Yang dengannya Masyarakat dapat memperoleh status yang sama dengan masyarakat yang lain. Ungkapnya.

Lanjut Iskandar, S.E saat ini PA Kayuagung telah naik kelas dari kelas II ke kelas 1B dan akreditasi memperoleh predikat A “Excellent” keduanya menjadi pemacu untuk memberikan pelayanan yang berkeadilan kepada masyarakat. Ungkapnya.

Ungkapan terima kasih kepada PA Kayuagung yang telah menjalin kerja sama dengan semangat ukhuwah Islamiyah untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya dan juga terima kasih kepada Pengadilan Tinggi Agama Sumatera Selatan yang telah berkenan menjalin silaturahmi dengan Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir. Ungkapnya.

Dr. H. M. Syarif Mappiasse, S.H., M.H dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PA Palembang dan PA Kayuagung atas capaiannya memperoleh predikat A “Excellent” dalam waktu yang sangat singkat kurang dari 2 bulan, belum lagi anggaran yang sangat minim karena di penghujung tahun, namun berkat kerja sama yang baik sehingga meraih yang terbaik dan diharap PA Palembang dan PA Kayuagung dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi tersebut. Ujarnya.

Diungkapkan juga bahwa pada mulanya PA Kayuagung sangat kecil harapan untuk diusulkan turut dalam akreditasi karena beberapa alasan, dokumen belum lengkap, WC yang bau, dinding kantor banyak yang hitam, sehingga kayak pasar, namun di balik itu terdapat tekad kuat dari warga PA Kayuagung diakreditasikan. Ungkapnya.

Lanjut bahwa kinerja dan pelayanan yang telah terakreditasi berdasar pada Standar Operasional Prosedur (SOP), terukur dan dapat dievaluasi dan saat ini memasuki tahap kedua untuk akreditasi dan PTA Sumsel telah merekomendasikan 3 PA di wilayah PTA Sumsel untuk diakreditasi yaitu PA Muara Enim, PA Lahat dan PA Baturaja. Diharap untuk menjalin kerja sama yang baik dan dengan tercapainya akreditasi maka wujud visi Mahkamah Agung akan tercapai dengan baik. Ungkapnya.

Saat ini PTA Sumsel telah menempuh langkah-langkah untuk meningkatkan pelayanan, pertama meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional melalui pendidikan dan pelatihan, kedua meningkatkan manajemen pelayanan melalui akreditasi, dan ketiga mewujudkan sarana dan prasarana berbasis teknologi. Ungkapnya.

Di akhir sambutan disampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir yang telah bersedia menjalin silaturahmi dengan PTA Sumsel dan selama ini telah banyak memberi sarana baik prasaran untuk mewujudkan pelayanan yang berkeadilan. Ungkapnya.

A excelent1

Pada penghujung acara dilanjutkan doa yang dipimpin langsung oleh Drs. H. Suyadi, M.H. (Hakim Tinggi pada Pengadilan Tinggi Agama Sumatera Selatan) dan foto bersama.