Seputar Peradilan

Kayuagung | pa-kayuagung.go.id

Jumat (26-01-2018), Pengadilan Agama (PA) Kayuagung menyelenggarakan Rapat Koordinasi yang merupakan agenda bulanan, dalam rapat dihadiri oleh Ketua, Hakim-hakim, Panitera, Sekertaris, Panmud-panmud, Kasubag-kasubak beserta para staf, dalam rapat mengagendakan beberapa hal penting yaitu evaluasi capaian program tahun 2017, bedah DIPA 2018 dan bedah beberapa permasalahan internal PA Kayuagung.


Drs. Ikhsan, S.H., M.A (Ketua PA Kayuagung) dalam sambutannya mengingatkan pentingnya menjaga dan meningkatkan kedisiplinan sehari-hari, pengawasan harus terus berjalan dan menghindari potensi negatif terjadi perlanggaran dalam menjalankan tugas sehari-hari, dalam rapat ini akan dirangkaikan dengan bedah DIPA PA Kayuagung. Ungkapnya.

rakor


Dra. Khodijah, M.H., (Panitera PA Kayuagung) melanjutkan, saat ini PA Kayuagung mendapat jatah 10 perkara untuk perkara prodeo dan telah terealisasi 2 perkara sepanjang 2018 dan sisa tinggal 8 perkara dan saat ini terkendala pada pelayanan pembuatan gugatan/permohonan karena selama ini Pos Bantuan Hukum (Posbakum) yang sedang berjalan telah berakhir masa kerja sama pada akhir tahun 2017, hingga saat ini Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Sumatera Selatan belum menunjuk penyedia jasa hukum untuk PA Kayuagung.


Syam Ratulangi, S.H (Sekertaris PA Kayuagung) melanjutkan bahwa dalam pengadaan barang dan Jasa, tahun ini PA Kayuagung mendapat Genset 10 KV, Laptop 5 unit, penimbunan area belakang kantor PA Kayuagung dan meubeleir 60 unit, terdapat item tertentu yang pendanaannya menyebutkan secara umum atau tidak menyebutkan secara item-item tertentu, sehingga dibutuhkan partisipasi seluruh pegawai PA Kayuagung untuk berkontribusi memberi usulan dan masukan kepada jajaran pimpinan.


Dilanjutkan oleh Kodris, S.H.I (Kasubag Keuangan dan Umum) menyampaikan bahwa implementasi DIPA 2017 PAGU 01 terealisasi 99% Belanja Pegawai, hanya tidak terserap sebesar RP. 55.000.000,- (lima puluh lima juta rupiah), hal ini disebabkan oleh PA Kayuagung sepanjang tahun 2017 mengalami kekosongan Wakil Ketua, sedangkan untuk PAGU 04 terealisasi 100% karena Sidang Keliling dan Prodeo berjalan maksimal, bahkan pada pada bulan Mei 2017 Sidang Keliling telah terealisasi secara keseluruhan.


Di akhir rapat digelar dengar pendapat oleh seluruh peserta rapat, dalam hal ini beberapa peserta menyuarakan masukan dan kritik membangun untuk ke depan PA Kayuagung lebih maksimal dalam memberi pelayanan.