Seputar Peradilan

Kayuagung | www.pa-kayuagung.go.id

Sabut (03/02/2018), Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Sumatera Selatan menggelar Temu Ilmiah Hakim Peradilan Agama Sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Sumatera Selatan beragendakan dua materi, pertama Eksaminasi Putusan Hakim, kedua Bedah Buku “Penerapan Lembaga Dwangsom (uang paksa) di Lingkungan Pengadilan Agama (penulis Drs. Cik Basir, S.H., M.H), kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Hakim Tinggi pada PTA Sumsel, Hakim-hakim, Panitera dan Panmud Gugatan sewilayah PTA Sumsel.

temu ilmiah

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama IKAHI PTA Sumsel dan PPHIM PTA Sumsel, berlangsung selama 2 hari, membahas 7 berkas dan 4 berkas khusus eksekusi dan dirangkaikan dengan bedah buku, ucapan terima kasih kepada pengurus IKAHI dan PPHIM PTA Sumsel telah menjalin kerja sama atas terselenggaranya kegiatan ini, ungkap Drs. H. Husin Fikry Imron, S.H., M.H. dalam laporannya selaku Ketua Panitia.

Dr. H. M. Syarif Mappiasse., S.H., M.H. (KPTA Sumsel) dalam sambutannya menyampaikan bahwa dasar hukum diselenggarakannya kegiatan ini adalah Pasal 39 Undang-undang Nomor 48 Tahun 2009 yang mengatur tentang Mahkamah Agung sebagai pengawas tertinggi terhadap badan peradilan yang berada di bawahnya, kegiatan eksaminasi ini melingkupi tiga bidang yaitu eksaminasi berkas, eksaminasi administrasi dan eksaminasi terkait person, ungkapnya.

Disampaikan juga oleh KPTA Sumsel bahwa adanya keterbatasan untuk menjaring temuan jika hanya fokus pada perkara yang diajukan banding itu sangat terbatas, di samping itu hakim juga manusia biasa yang rentan akan kesalahan, maka dilakukanlah kegiatan eksaminasi dan untuk apa dilakukan eksaminasi itu memiliki beberapa tujuan, yaitu:

  • Untuk mengukur tingkat profesionalisme.
  • Untuk mengukur kepekaan nurani.
  • Untuk mengukur kapasitas penguasaan hukum.
  • Untuk menghindari disparitas putusan.
  • Menambah kapasitas keilmuan hakim menjadikan teori dan praktek sejalan paralel.

Di akhir pembukaan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh bapak Drs. H. Lasyatta, S.H., M.H. (Hakim pada Pengadilan Agama Palembang)