Seputar Peradilan

Pengadilan Agama Kayuagung Sukses Laksanakan Isbat Nikah Perdana Di Kabupaten Ogan Ilir

Jumat, 06 April 2018 Pengadilan Agama Kayuagung menyelenggarakan Itsbat Nikah Terpadu di wilayah Kabupaten Ogan Ilir, itsbat nikah ini terselenggara atas kerja sama 3 instansi pemerintah, yaitu Pengadilan Agama Kayuagung, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ogan Ilir dan Kementerian Agama Kabupaten Ogan Ilir.

Pelaksanaan Itsbat Nikah Terpadu ini diselenggarakan di Aula Caram Seguguk Kantor Pemerintah Daerah lama Kabupaten Ogan Ilir dengan mengsung tema “Pelayanan Itsbat Nikah Terpadu Kabupaten Ogan Ilir dalam rangka Mewujudkan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (Gisa)”.

DSC 6922

Pembukaan Itsbat Nikah Terpadu dihadir langsung oleh H. M. Ilyas Panji Alam, S.E., S.H., M.M. (Bupati Kabupaten Ogan Ilir), Drs. Ikhsan, S,H., M.A. (Ketua Pengadilan Agama), Akhmad Lutfi, S.Sos., M.Si (Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil), H. M. Kholil Azmi, S.Ag. Kepala Kementerian Agama Kabupaten Ogan Ilir, seluruh jajaran masing-masing instansi pemerintah berikut tamu-tamu undangan dan Para Pihak yang hendak diitsbatkan nikahnya.

Akhmad Lutfi, S.Sos., M.Si dalam laporannya menyampaikan dasar hukum diselenggarakannya Itsbat Nikah ini adalah Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah dalam rangka Penerbitan Akta Perkawinan, Buku Nikah dan Akta Kelahiran. terangnya.

Setelah kegiatan Itsbat Nikah Terpadu ini di sosialisasikan kepada masyarakat di Kecamatan Indralaya Utara dan Kecamatan Pemulutan antusias masyarakat sangat besar dalam menyambut kegiatan Itsbat Nikah Terpadu terbukti terdapat 868 yang mendaftarkan diri ke Panitia Pelaksana Itsbat Nikah Terpadu Ogan Ilir yang diperkirankan untuk tahun 2018 bisa mencapai 1.000 pendaftar. Dari total 868  pasangan yang telah terdaftar disetujui untuk diitsbatkan kali ini hanya 300 pasangan suami isteri disebabkan oleh keterbatasan anggaran dari 300 pasangan yang akan diitsbatkan dipecah menjadi 3 kali kegiatan yang masing-masing kegiatan mengitsbatkan sebanyak 100 pasangan, terangnya.

Di penghujung laporannya menyampaikan bahwa bagi Pasangan Suami Isteri yang telah diitsbatkan nikahnya akan dibagikan souvenir sebagai oleh-oleh dari Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir mudah-mudah bermanfaat dan mengucapkan selamat melaksanakan Itsbat Nikah dengan tertib dan selamat berbulan madu.

Drs. Ikhsan., S.H., M.A. dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pihak yang akan diitsbatkan nikahnya dan patut untuk disyukuri, mengingat banyaknya pernikahan yang tidak tercatatkan dan pada momentum ini akan diitsbatkan sebagai upaya memperoleh status hukum terkait pernikahan yang sama-sama kita ketahui sebagai syarat dasar untuk melakukan perbuatan hukum  lain terkait perkawinan.

  1. M. Ilyas Panji Alam, S.E., S.H., M.M. dalam sambutannya menginstruksikan kepada Kepala Camat untuk mendaftarkan seluruh warganya yang pernikahannya belum tercatatkan agar kerena pencatatan nikah ini sangat penting untuk memperoleh pelayanan dasar agar Akta Kelahiran bisa diterbitkan dan pada kegiatan Itsbat Nikah ini Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir telah menyediakan bingkisan untuk pasangan yang telah diitsbatkan nikahnya dan juga setelah pelaksanaan sidang akan diberi ongkos pulang ke kediaman masing-masing. Ungkapnya.

Di penghujung sambutan dilakukan pemukulan gong dan Pertanda telah resmi dilaksanakan dan ditutup dengan penyerahan secara simbolis berupa Buku Nikah, Akta Kelahiran dan uang transprotasi kepada pasangan yang telah diitsbatkan nikahnya.