Seputar Peradilan

PENGADILAN AGAMA KAYUAGUNG SOSIALISASIKAN SOP "ONE DAY MINUTE"
 
Jumat 23 November 2018 | Pengadilan Agama Kayuagung menggelar rapat bertempat di ruang Ketua Pengadilan Agama Kayuagung dan dipimpin langsung oleh Drs. Ikhsan, S.H., M.A. (Ketua PA. Kayuagung) dengan dihadiri seluruh Hakim, Panitera, seluruh Panmud, Jurusita/Jurusita Pengganti dan staf. Rapat tersebut dimaksudkan untuk membahas suksesi “one day minute” yang merupakan salah satu program prioritas Dirjen Badilag.
 
IMG 20181124 WA0013
 
Drs. Ikhsan, S.H., M.A. menyampaikan one day minut harus berjalan dengan baik di lingkungan Pengadilan Agama Kayuagung, harapan tersebut telah didukung dengan diterbitkannya SOP One Day Minut, dimohon agar SOP One Day Minut dipedomani dengan baik agar memberi output tercapai, meskipun telah diterbitkan SOP untuk memaksimalkan minutasi, masih terdapat hal-hal teknis yang menjadi penghambat terlaksananya One Day Minut.
 
Setelah itu agenda rapat di lanjutkan dengan pemaparan teknis untuk menyukseskan One Day Minut. Salah satu yang dibahas dalam rapat adalah pada prinsipnya One Day Minut memihak pada perkara yang ditunda dengan agenda pembacaan putusan atau putusan telah siap sebelum dilakukan pembacaan putusan, dan sulit diterapkan pada perkara lain yang sifatnya pemeriksaan pokok perkara saat itu dan musyawarah majelis dan pembacaaan putusan pada saat itu juga, untuk menerapkan One Day Minut  terhadap perkara yang memiliki proses demikian perlu dilakukan perubahan pola kerja atau keluar dari pola kerja lama.
 
Salah satu proses yang harus dibentuk dan dijalankan adalah Berita Acara Sidang harus dituangkan dalam aplikasi pendukung penyelesaian perkara, bukan lagi menulis dalam buku tulis, tetapi komputerisasi cacatan sidang. Sehingga Majelis Hakim dapat menyelesaikan tugasnya setelah persidangan berlangsung dan Panitera Pengganti harus mempedomani SOP One Day Minut dengan baik. Selain itu Petugas Meja II harus memantau media yang digunakan oleh Panitera Pengganti melaporkan tanggal minutasi. 
 
Dalam rapat juga membahas mengenai ketersediaan dan kemampuan SDM dalam menjalani tupoksinya masing-masing, salah satu langkah untuk menjawab tantangan tersebut yaitu dengan membuat komitmen bersama untuk mensukseskan One Day Minut. (Ali)