Seputar Peradilan

KETUA PA KAYUAGUNG LANTIK SATU PANITERA PENGGANTI DAN DUA JURUSITA

KAYUAGUNG | Ketua Pengadilan Agama Kayuagung Dra. Sri Wahyuningsih, SH, M.H.I, melantik dan mengambil sumpah jabatan satu orang panitera pengganti dan dua orang jurusita, Kamis siang (27/6) kemarin.

Syahrun Mubarak, SH, seorang panitera pengganti resmi dilantik dan disumpah, sebelumnya ia menjabat sebagai jurusita pengganti Pengadilan Agama Lubuk Linggau. Jauhari, SH dan M. Kenedy, SE, keduanya menjabat sebagai jurusita yang sebelumnya menjabat jurusita pengganti PA Kayuagung.

Promosi jabatan tersebut, mengacu pada surat keputusan Dirjen Badan Peradilan Agama (Badilag) Mahkamah Agung RI tahun 2019 dengan Nomor SK 2291 Tahun 2019 An. Syahrun Mubarak, S.H dan Nomor SK 2230 dan 2231 masing – masing An. Jauhari, S.H dan M. Kenedy, S.E. Tertanggal 27 Mei 2019.

DSC 0175

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, bertempat di ruang sidang utama dan dihadiri oleh para hakim, panitera, pejabat struktural, para pegawai, dan keluarga dari para pejabat yang dilantik.

Ketua PA Kayuagung menyambut baik acara tersebut, menurutnya ke depan penyelesaian perkara harus cepat dan sesuai one day one minute dan one day one publish. “SIPP harus relevan dan sinkron, hari ini putus maka hari ini juga harus minutasi dan publikasi, tentunya saya berharap dengan hadirnya PP baru dan jurusita baru, penyelesaian perkara harus lebih baik,” kata Sri Wahyuningsih usai melantik.

Kedudukan panitera pengganti dan jurusita tercantum dalam UU Kekuasaan Kehakiman dan UU Peradilan Agama serta beberapa peraturan perundang-undangan di bawahnya. Oleh sebab itu menurut Sri Wahyuningsih, aplikasi SIPP dan penyelesaian perkara tepat waktu adalah sebuah keniscayaan.

Sebagai penutup, acara tersebut dilanjutkan dengan makan siang bersama  dan ramah tamah dari keluarga besar PA Kayuagung. (humas pakag).