Seputar Peradilan

ITSBAT NIKAH SEBANYAK 535 PASUTRI SIAP DILAKSANAKAN

INDRALAYA | Itsbat nikah sebanyak 535 pasangan suami istri (pasutri) siap dilaksanakan. Demikian hasil kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, Pengadilan Agama Kayuagung dan Kementerian Agama Kabupaten Ogan Ilir, yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) pada Senin (26/8) siang lalu.

Bertempat di ruang rapat Bupati Ogan Ilir di kota Indralaya, acara penanda tanganan perjanjian kerjasama antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemkab Ogan Ilir, Pengadilan Agama Kayuagung dan Kementerian Agama Kabupaten Ogan Ilir, dalam rangka pelayanan sidang itsbat nikah terpadu guna penerbitan kutipan akta nikah dan akta kelahiran, berhasil diteken.

1.isbat novAcara tersebut, dihadiri oleh Sekretaris Daerah Pemkab Ogan Ilir H.Herman, S.Sos, M.Si, Ketua PA Kayuagung Dra. Sri Wahyuningsih, SH, M.H.I, didampingi Hakim, Panitera, dan sekretaris, Kepala Dinas Dukcapil Pemkab Ogan Ilir, Kepala Kantor Kementerian Agama Pemkab Ogan Ilir, asisten 1 dan asisten 2, para kepala dinas, kepala SKPD, para camat, kades, para kepala KUA di wilayah Ogan Ilir dan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemkab Ogan Ilir.

Menurut Sekda Ogan Ilir, program sidang itsbat nikah terpadu tahun 2019 ini, sebanyak 535 pasutri yang memang belum memiliki buku nikah. Alasannya kata Sekda, lebih pada faktor ekonomi mereka yang tidak mampu membayar pernikahan.

“Oleh karena itu kami memfasilitasi sebanyak 535 untuk tahun ini, sisanya sebanyak 730 perkara lagi di tahun 2020 mendatang,” tegas H. Herman.

Semula direncanakan tahun ini perkara mencapai 1265, namun saat berkas diverifikasi oleh tim Dinas Dukcapil, terkumpul 535 berkas perkara itsbat nikah yang siap disidangkan pada tanggal 4 November hingga 8 November 2019 mendatang.

Menurut Kepala Dinas Dukcapil Pemkab Ogan Ilir, tempat pelaksanaan sidang istbat nikah nantinya di aula kantor Bupati kawasan Tanjung Senai. “Ya, kira-kira 20 menit dari pusat kota Indralaya, dan ini kawasan terpadu, semua kantor dinas, SKPD, dipusatkan di sini, inilah perkantoran baru Bupati Ogan Ilir,” kata Akhmad Lutfi, S.Sos, M.Si kepada redaksi.

Pengadilan Agama Kayuagung tentunya harus mempersiapkan diri, baik sumberdaya hakim, panitera pengganti, tim lapangan dan tim TI saat pelaksanaan tiba. Ketua PA Kayuagung memastikan, semua hakim, kepaniteraan dan kesekretariatan siap melaksanakan program sidang istbat nikah terpadu pada 4 November 2019 mendatang.

“Kami sudah berpengalaman, awal tahun kemarin kita sukses menyidangkan perkara istbat nikah, kemudian nanti bulan November kita juga siap menyidangkan perkara, walaupun jumlah hakim terbatas, tapi saya yakin mereka siap bekerja,” ungkap Sri Wahyuningsih.

Sejauh ini, kesiapan tenaga teknis dan non teknis terus ditingkatkan, dari pihak PA Kayuagung tidak ada kendala yang berarti, hanya saja kesiapan dari pihak Pemkab Ogan Ilir terutama jaringan internet dan akomodasi para hakim dan panitera pengganti yang perlu didengar. Lalu, apa kata mereka?

“Tentu kami harus siapkan, jaringan internet akan disiapkan sesuai permintaan PA Kayuagung, akomodasi kami siapkan di penginapan LPMP sehingga bapak ibu hakim dan panitera sidang tidak perlu bolak balik dari Indralaya ke Kayuagung, perangkat persidangan, toilet, semua siap,” tegas Akhmad Lutfi saat meninjau lokasi tempat sidang.

Penanda tanganan kerjasama telah diteken, apa yang tertuang dalam MoU itu harus dijalankan karena merupakan kesepakatan tertulis. Tanggal 4 November 2019 jangan lupa, hadirilah !! (humas-pakag)