Seputar Peradilan

DUA KECAMATAN DOMINASI ITSBAT NIKAH HARI KEEMPAT

INDRALAYA | Memasuki hari keempat, Kamis (7/11) kemarin, pelaksanaan sidang itsbat nikah tidak hanya gegap gempita namun riuh tawa dan canda dari pasangan suami istri dan pengunjung, mereka antusias menyimak pelaksanaan persidangan.

Masih dengan 5 orang hakim tunggal didampingi panitera sidang, pelaksanaan sidang itsbat nikah hari keempat disambut tawa dan canda dari para pihak pemohon. Dua kecamatan mendominasi persidangan, yaitu kecamatan Rantau Alai dan kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir.

sidang isbat 04

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Pengadilan Agama Kayuagung Dra. Sri Wahyuningsih, SH, MHI di sela acara persidangan. Menurutnya, dua kecamatan itu banyak yang mengajukan perkara istbat nikah hari ini.

“Dari desa Betung, sukamerindu, payaraman Barat, payaraman induk, dan masih banyak lagi,” kata Sri.

Sebelumnya, dua kecamatan itu ada yang mengajukan perkaranya pada hari Rabu (6/11) dan Jumat (8/11), namun kebetulan pada hari ini mendominasi persidangan.

Salah seorang pihak pemohon berasal dari kecamatan Payaraman mengungkapkan, ia dan istri mengajukan itsbat nikah ini karena telah lama melangsungkan perkawinan tetapi tidak ada buku nikah, mereka berdua hendak mendaftarkan diri menunaikan ibadah umroh.

“Kami butuh buku nikah untuk umroh,” kata Suratman didampingi istrinya Amina.(Alim/Arqom)