Seputar Peradilan

Waka PTA Palembang tutup kegiatan bimtek & sosialisasi 9 aplikasi inovasi Badilag

Palembang | Jum'at (15/11), bertempat di Aula Lt. 4 Pengadilan Tinggi Agama Palembang setelah kemarin (baca : kamis) sebelumnya peserta bimtek & sosialisasi 9 aplikasi inovasi badilag simulasikan command centre / telekonference, dihari ke-2, operator akan simulasikan proses instalasi sms notifikasi raspberry.

Aulia Rahman selaku narasumber dalam bimtek kali ini, menjelaskan beberapa perlengkapan penunjang yang harus disiapkan agar aplikasi ini berjalan dengan baik.

Adapun perlangkapan yang diharus diperlukan antara lain, 1 set raspberry pi, 1 buah modem, dan 1 buah simcard sebagai nomor smsgateway sms notifikasi.

Instalasi sms notifikasi perkara ini berjalan sangat manarik & interaktif, karena aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang ditunggu - tunggu rilisnya.

Hal ini dibuktikan dengan antusiasnya peserta bimtek dan sosalisasi ditandai dengan saling berdiskusinya para operator demi kelancaran proses instalasi, termasuk 2 orang operator dari PA Kayuagung, Rian Purnama Suci, S.Kom dan Muhammad Arqomsyah, S.H.

peserta bimtek 9 inovasi

Selain sms notifikasi, Aulia Rahman juga memaparkan beberapa aplikasi inovasi lainnya antara lain, simtalak, e-keuangan dan e-register, basis data terpadu dan informasi perkara (A.C.O) yang telah tersedia di playstore.

Kegiatan bimtek dan sosialisasi 9 Aplikasi Inovasi Badilag ditutup pukul 16.30 Wib oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang, Drs. H. RM. Zaini, S.H., M.HI.

Dalam sambutannya, Drs. H. RM Zaini, S.H., M.HI menjelaskan bahwa salah satu tujuan diluncurkannya aplikasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dan untuk mewujudkan peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan.

9 aplikasi inovasi Badilag ini harus dapat diterapkan di seluruh satuan kerja di lingkungan peradilan agama, termasuk dilingkungan pengadilan agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Palembang, tegas pak Waka PTA, Drs. H. RM. Zaini, S.H., M.HI,


Kemudian juga permasalahan yang ditemui pada ke 9 Aplikasi tersebut segera dilaporkan kepada Dirjen Badilag agar dapat segera ditindaklanjuti oleh tim pengembang aplikasi, pungkas Pak Waka PTA.

Admin | PA Kayuagung