Seputar Peradilan

HARI INI, SIDANG ISBAT NIKAH OGAN ILIR DITUTUP

penutupan isbatINDRALAYA | Sekitar pukul 11.17 WIB Jumat (28/2) siang, pelaksanaan sidang isbat nikah terpadu yang bertempat di aula perkantoran pemerintah kabupaten Ogan Ilir selesai ditutup secara simbolis. Penutupan tersebut, dilakukan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ogan Ilir dihadiri Ketua Pengadilan Agama Kayuagung, wakil ketua, para hakim, panitera, sekretaris dan para pegawai serta perwakilan pejabat di lingkungan kantor kementerian agama Kabupaten Ogan Ilir.

Laporan dari lokasi sidang, sebanyak 600 berkas perkara berhasil diputus dengan klasifikasi 97% diputus Kabul dan sisanya putus gugur, mengapa digugurkan?

“Sebagian tidak hadir dan salah satu pihak telah meninggal dunia berdasarkan keterangan dari pihak Dukcapil,” kata Dra. Sri Wahyuningsih, SH, MHI usai acara penutupan.

Ketua PA Kayuagung menambahkan, meskipun perkara digugurkan para pihak masih dapat mengajukan lagi perkara di kantor PA Kayuagung di kota Kayuagung dengan cara mendaftar secara resmi.

“Pegawai kami akan melayani bapak ibu dan jika ada hal-hal yang perlu ditanyakan silahkan menghubungi pejabat humas dari hakim,” ujarnya.

Jika ditelisik lebih saksama, masing-masing hakim memutuskan perkara sesuai target pencapaian kinerja atau sesuai indikator kinerja utama (IKU), hal itu dapat dilihat dari sistem informasi penelusuran perkara (SIPP) pada laman website PA Kayuagung dan direktori putusan Mahkamah Agung RI di Jakarta.

IKU dan SIPP menunjukkan warna hijau yang artinya capaian target penyelesaian perkara di atas 95% dan sampai sore ini (28/2) mencapai 100%. Dengan demikian, keberhasilan penyelesaian perkara isbat nikah terpadu tahun 2020 ini sukses.

Sebagaimana dikabarkan sebelumnya, sidang isbat nikah terpadu tahun 2020 ini adalah yang terakhir pada masa kepemimpinan Bupati Ilyas Panji Alam. Ke depan, akan dibicarakan lagi secara resmi.

Usai penutupan, masyarakat yang telah diputuskan perkaranya dapat menerima kutipan akta nikah dan identitas hukum lainnya. (humas_pakag)