Seputar Peradilan

KETUA PA KAYUAGUNG DILANTIK, RAPOR SIPP PERINGKAT SATU

pelantikanKAYUAGUNG | Rapor penanganan perkara berdasarkan SIPP periode 6 Maret 2020 telah dirilis, hasilnya menempatkan Pengadilan Agama Kayuagung berada pada peringkat satu, menyusul pelantikan Ketua pada Rabu (12/3/2020) siang di aula PTA Palembang.

Rilis tersebut, dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Badilag) Mahkamah Agung RI pada Selasa (11/3) kemarin, PA Kayuagung masih berada di posisi 5 besar nasional setelah mengalahkan PA Jember, PA Lumajang, PA Slawi dan PA Ciamis. Pada waktu yang bersamaan dari rilis SIPP itu, ketua PA Kayuagung Drs. Cik Basir, SH, MHI resmi dilantik, menggantikan Dra. Sri Wahyuningsih, SH, MHI yang dipromosikan menjadi wakil ketua PA Palembang.

Data penilaian SIPP periode 6 Maret 2020 menunjukkan peningkatan signifikan, nilai akhir yang diraih PA Kayuagung sebanyak 99.01% dengan rincian beban perkara sebanyak 1005, berhasil diputus 872 perkara dan minutasi 872. Dengan demikian, kinerja SIPP PA Kayuagung mencapai target maksimal.

Menurut Ketua PA Kayuagung, keberhasilan SIPP itu harus dimaknai sebagai sebuah kinerja yang rutin, “hari ini naik bisa saja besok turun, saya berharap posisi itu tetap bertahan karena mempertahankan itu sulit daripada merebut, kita pernah berada di posisi 9, pelan-pelan beranjak naik dan sekarang posisi atas, tetap kompak,” kata Cik Basir usai pelantikan.

Ia juga mengatakan, kehadiran dirinya di kantor PA Kayuagung tidak boleh dimaknai sebagai sebuah ‘ancaman’ dan ‘ketakutan’ baik oleh hakim ataupun para pegawai, namun harus dimaknai positif untuk mempertahankan prestasi.

“Saya akan mendengarkan masukan, gagasan, dan ide, sepanjang membangun, jangan khawatir saya akan tetap menjadi saya seperti dulu menjabat wakil ketua, jabatan ini hanya amanah,” titipnya.

sipp satu

Di tempat terpisah, pengelola teknologi informasi dan tim SIPP PA Kayuagung Muhammad Arqomsyah memaparkan, data yang dirilis Badilag sangat akurat, dari data tersebut menunjukkan persentase bobot jenis perkara & proses penyelesaian perkara sebesar 91.86% dan persentase waktu putus sebanyak 97.25%.

“Lalu, persentase waktu minutasi sebanyak 99.77%, upload putusan 100%, jika empat kategori persentase itu dikalkulasi, maka hasilnya 99.01% dan nyaris 100%, wajar kita (red.PA Kayuagung) juara satu,” tegas Arqom kepada redaksi.

Data penanganan perkara berdasarkan SIPP akan terus dimonitor setiap minggu dan diumumkan pada awal pekan, rumus one day one minute dan one day one publish masih berlaku hingga saat ini. (humas_pakag)