Seputar Peradilan

APEL PAGI DALAM SUASANA NEW NORMAL

KAYUAGUNG | Pengadilan Agama Kayuagung menggelar apel pagi pasca pengumuman new normal oleh pemerintah kabupaten Ogan Komering Ilir dua pekan lalu, apel pagi tersebut dilaksanakan di halaman kantor PA Kayuagung pada Senin (15/6) kemarin, bertindak selaku pemimpin apel Arqom Pamulutan, S.Ag, MH dan komandan apel Ahmad Humaidi alias Memet.

Dimana pak ketua?

“Bapak ketua pada saat yang sama sedang mengikuti pembukaan fit and proper test calon wakil ketua PA kelas 1A, jadi beliau meminta saya untuk memimpin apel dalam era new normal,” jelas Arqom Pamulutan dalam amanat apel pagi.

Menurutnya, tujuh hal penting yang harus dipatuhi aparatur PA Kayuagung terkait kedisplinan. Pertama, standar apel pagi hari Senin dan apel sore hari Jumat.

“Saya sudah tiga kali mengikuti apel di luar, baik di Polres, Kodim, dan kantor Bupati, mereka memakai istilah ‘pemimpin apel’ orang yang memimpin apel dan ‘komandan apel’ orang yang mengatur jalannya apel, saya kira ke depan kita seperti itu saja,” tegasnya.

Kedua, ia juga mengingatkan lagi kehadiran para aparatur saat apel pagi dan apel sore.

“Hari ini saya lihat hampir lengkap, walaupun ada beberapa pegawai yang belum ada,” kata Pamulutan.

 apel2 apel1

Ketiga, masih banyak aparatur PA Kayuagung yang masuk kantor tetapi tidak sempat mengisi absensi, padahal bukti kehadiran itu adalah mengisi absensi (daftar hadir) secara manual.

Keempat, ia juga mengingatkan jadwal kerja selama new normal. Menurut Arqom, selama new normal ini jam kerja kembali seperti semula, masuk pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 16.30 WIB.

“Saya kira hal ini sudah disampaikan oleh pak ketua saat rapat internal kita kemarin, saya hanya mengingatkan saja,” ungkapnya.

Kelima, pakaian yang harus dipakai oleh aparatur, baik hakim, pejabat kepaniteraan, pejabat kesekretariatan dan pegawai.

“Bedakan antara pakaian hakim dan pejabat lainnya, bedakan juga pakaian pegawai yang warna hijau itu, jangan warna warni, karena setiap hari sudah ada jadwal pakaian yang harus kita pakai,” tegas ketua tim pemantau disiplin itu.

Keenam, jadwal apel pagi setiap senin disepakati tepat pada pukul 08.00 WIB hingga selesai dan apel sore Jumat pada pukul 16.30 WIB.

“Untuk apel sore hari Jumat, masih perlu kita sepakati lagi bagaimana ke depan,” kata Arqom Pamulutan.

Terakhir, sistem kedisiplinan yang berlaku di kantor ini harus sinergi dengan sistem pengawasan para hakim.

“Setiap triwulan para hakim melakukan pengawasan, harus sinkron dengan sistem kedisiplinan yang sudah kita sepakati,” tegasnya. (humas_pakag)